[Mcm2Ada] Reaktor Nuklir Mungkin Dibangun di Bulan

SHUTTERSTOCK

Reaktror nuklir akan dibangun di Bulan dan mungkin juga Mars. Hal ini dikatakan oleh James E. Werner, pimpinan proyek pengembangan tersebut dalam National Meeting & Exposition of the American Chemical Society (ACS) yang berlangsung Minggu (28/8/2011).

"Orang tidak akan menyadari keberadaan reaktor nuklir ini nantinya. Reaktornya mungkin hanya selebar 1,5 kaki dan tinggi 2,5 kaki (30 x 60 cm), kurang lebih hanya sebesar tas kopor," kata Werner seperti dikutip Physorg, kemarin.

Lebih lanjut, Werner mengatakan bahwa reaktor nuklir itu tidak memiliki tower pendingin seperti reaktor nuklir di Bumi. Reaktor nuklir terseebut dikatakan aman, terpercaya dan sangat compact, bisa menjadi pembangkit daya di Bulan, Mars ataupun tujuan misi lainnya. Reaktor nuklir iru dikembangkan atas kerjasama National Aeronatuics and Space Administration (NASA) dan US Department of Energy (DOE).

Werner sendiri memimpin Idaho National Laboratory yang terlibat dalam proyek ini. Rencananya, reaktor nuklir akan didemonstrasikan 2012 mendatang. Jika reaktor ini terwujud, maka akan sangat mendukung misi antariksa di masa mendatang. Selama ini, dukungan daya untuk misi antariksa bersumber dari sel bahan bakar dan tenaga surya, yang memiliki keterbatasan dalam aplikasinya.

"Perbedaan antara tenaga surya dan tenaga nuklir adalah bahwa tenaga nuklir bisa diaplikasikam di segala kondisi lingkungan. Teknologi fisi tidak tergantung pada cahaya matahari, memungkinkan produksi daya besar pada malam hari di lingkungan seperti Bulan, Mars atau planet lain," urai Werner.

Werner menambahkan, reaktor nuklir bisa memproduksi daya sekitar 40 KW atau lebih, jumlah yang sama dari energi yang diproduksi oleh 8 reaktor nuklir di Bumi. Keunggulan lain, reaktor bisa bekerja di mana saja, di kawah maupun di gua.

Menurut Werner, secara umum rekator angkasa ini memiliki cara kerja yang sama dengan reaktor yang ada di Bumi. Namun demikian, beberapa perbedaan dimiliki, misalnya soal berat. Di angkasa, berat harus seminimal mungkin.

Werner mengatakan, begitu teknologi ini matang dan bisa diaplikasikan, misi antariksa akan sangat terbatu. Eksplorasi ke berbagai penjuru semesta bisa dilakukan tanpa harus memikirkan ketersediaan cahaya Matahari.

--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

[kl-bogel] Huzaida..

[kl-bogel] Sasha Isteri Teman

[kl-bogel] Cikgu Zana