Monday, September 26, 2011

[kl-bogel] Pilih gaji besar atau bahagia?


Ilustrasi (ANTARA/Saiful Bahri)

Dia (Rees-Jones) mengatakan kepada Daily Telegraph,"Penelitian kami memberikan masukan jika pemerintah merancang kebijakan untuk memaksimalkan kebahagiaan yang diukur melalui survei mereka, mereka mungkin menerapkan kebijakan-kebijakan yang orang lain tidak menginginkan untuk diri mereka sendiri."

Ayo pilih mana gaji tinggi tapi tidak bahagia atau gaji pas-pas tapi bahagia?

Sebuah penelitian dari tim ekonom dari Universitas Cornell di AS melakukan survei terhadap 2.500 orang lebih dan menanyakan apa yang membuat mereka bahagia.

Apakah sebuah pekerjaan dengan gaji 50.000 poundsterling, jam kerja normal dan waktu tidur teratur 7,5 jam atau pekerjaan dengan gaji 90,000 poundsterling, jam kerja yang tidak biasa dan waktu tidur hanya enam jam saja.

Para peneliti itu menemukan kebanyakan responden lebih memilih dibayar gaji besar walaupun pekerjaan mereka tidak membahagiakan.

Ketika ditanya tentang motivasinya, mereka menjelaskan gaji besar dapat membahagiakan keluarga mereka.

Peserta lainnya mengatakan mereka lebih menikmati status sosial dengan peranan yang besar karena hal itu dapat memberikan mereka nilai tujuan hidup yang lebih besar.

Penelitian yang diterbitkan American Economic Review itu  dipresentasikan pada Pertemuan Keempat Lindau di Ilmu Ekonomi di Austria.

Alex Rees-Jones, salah satu mahasiswa kedoktoran (PhD) yang melatar belakangi penelitian itu mengatakan dia yakin penelitian itu memiliki dampak politik.

--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

1 comment: