Tuesday, July 19, 2011

[kl-bogel] Google Beli G.co untuk Layanan Penyingkat URL

Tak hanya Google, Twitter, Amazon, dan Overstock juga telah membeli domain .co.


 
Google baru saja membeli domain G.co untuk menyediakan layanan penyingkat alamat URL di situsnya. 

Layanan ini nantinya disediakan untuk menyingkat link-link alamat URL (universal resource locator) dari berbagai layanan milik Google, agar dapat didistribusikan ke berbagai jejaring sosial dan layanan mikroblog.

"Kami akan menggunakan G.co untuk mengirimkan laman web yang dimiliki oleh Google. Jadi, setiap kali ada link g.co, pengguna bisa memastikan bahwa link tersebut bila diklik hanya akan mengarah ke layanan-layanan Google," ujar Google dikutip dari situs PCWorld.

Kemunculan layanan G.co ini nantinya tidak akan mempengaruhi layanan penyingkat url umum Goo.gl yang selama sudah beroperasi. Belum diketahui berapa harga yang dikeluarkan Google untuk membeli domain ini. Namun, umumnya domain .co berawalan satu huruf dijual lebih dari U$ 1,5 juta atau sekitar Rp 13 miliar.

Beberapa perusahaan papan atas juga telah memiliki domain .co . Selain Google, Overstock telah membeli domain O.co. Sementara Amazon telah membeli domain A.co, Z.co, K.co, dan Cloud.co. Twitter pun tak mau ketinggalan, telah membeli T.co sebagai layanan URLnya.

Sebenarnya, domain .co awalnya diperuntukkan sebagai domain bagi negara Republik Kolombia. Namun dengan seizin negara itu, dikomersialkan sebagai alternatif dari domain-domain yang kian penuh. Kini, pendaftaran domain .co dilaporkan telah melebihi 1 juta nama.

 

--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

No comments:

Post a Comment