Monday, June 6, 2011

[kl-bogel] BASTOEY, Penjara Ekologis Pertama di Dunia [Penjara Para BATOSSAI si Pembantai]

Penjara Bastoey, berlokasi di pulau terpencil di Norwegia. Penjara ini menghasilkan listrik sendiri dengan bantuan tenaga surya yang instalasinya dilakukan oleh para narapidana.memproduksi sebagian besar makanan sendiri, mendaur ulang segala sesuatu yang bisa dan berusaha untuk mengurangi jejak karbon. Panel surya telah memotong listrik kebutuhan penjara hingga 70 persen.

Di kawasan penjara ini juga ada kebun dimana para narapidana menanam sayuran dan berternak sapi, babi, kambing dan ayam. Karena penjara ini letaknya dipulau kecil yang dikelilingi laut, mereka dapat mencari ikan untuk menambah lauk pauk makanannya.

Penjara ini bukan diperuntukkan bagi narapidana kriminal yang berbahaya, sehingga tak diperlukan adanya dinding tembok yang tinggi untuk mencegah para narapidana melarikan diri. Ini benar-benar adalah ?penjara hijau? (green prison) yang manusiawi.

Penjara mendapat perhatian media internasional beberapa tahun lalu untuk kondisi hidupnya, menyerupai sebuah kamp musim panas dengan kegiatan seperti tenis, berkuda, dan bahkan berenang di musim panas, ketika Laut Utara perairan hangat.

 Bastoey di Norwegia:












--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

No comments:

Post a Comment