Saturday, May 7, 2011

[kl-bogel] Warga Sunni Terkepung di Baniyas

AFP Para saksi mata melaporkan, tentara Suriah telah menembak para pemrotes di Deraa.

Unjuk rasa di Suriah berujung tindakan kekerasan oleh pihak aparat keamanan. Menurut warta yang dilansir dari Xinhua, AP, dan AFP pada Sabtu (7/5/2011), aparat keamanan mengerahkan kekuatan, termasuk tank menuju Kota Baniyas. Di situ, mereka mengepung warga Sunni.

Mereka memasuki tiga tempat dan mengarah ke distrik yang dihuni masyarakat Sunni di kota itu. Sebelumnya, AS telah memperingatkan pemerintah Suriah di Damaskus untuk menghentikan aksi brutal terhadap para pemrotes.

Pada Jumat (6/5/2011) lalu, Gedung Putih mengatakan akan mengambil langkah yang diperlukan jika Presiden Bashar al-Assad tidak melakukan tindakan untuk menghentikan pertumpahan darah.

Lebih dari 500 orang diperkirakan tewas dalam peristiwa kekerasan terhadap pemrotes yang terjadi sejak pertengahan Maret lalu. Setidaknya 21 orang dilaporkan tewas di Kota Homs, Hama dan kota lainnya pada Jumat.

Pasukan bersenjata mendatangi wilayah yang dihuni oleh masyarakat Sunni Muslim di tiga lokasi, yang berdekatan dengan daerah yang dihuni oleh mazhab Alawite tempat asal presiden dan keluarganya. "Para penduduk melaporkan mendengar suara tembakan dan melihat kapal milik angkatan laut Suriah menuju ke Baniyas. Wilayah Sunni dan sekitarnya telah dikepung," kata salah seorang pegiat HAM.

AFP melaporkan para pemrotes telah membuat pagar manusia untuk menghentikan operasi militer.

--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

No comments:

Post a Comment