Wednesday, May 4, 2011

[kl-bogel] Absen Sidang, Aa Gym dan Teh Rini Pindah Jadi Warga Negara Malaysia ?

Aa Gym dan istri kedua, Teh Rini, dikabarkan pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Malaysia. Isu itu menyeruak karena Aa Gym tak kunjung menghadiri sidang cerai. Ketika dikonfirmasi kepada pengacara Aa Gym, Jaenal SH, di Pengadilan Agama Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/5/2011), dia mengaku tidak tahu Aa Gym pindah kewarganegaraan.

Aa Gym dan istri kedua, Teh Rini, dikabarkan pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Malaysia. Isu itu menyeruak karena Aa Gym tak kunjung menghadiri sidang cerai.

Aa Gym dan istri kedua, Teh Rini, dikabarkan pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Malaysia. Isu itu menyeruak karena Aa Gym tak kunjung menghadiri sidang cerai.

"Enggak tahu kalau pindah kewarganegaraan. Beliau masih di Madinah, bukan di Malaysia," ucap Jaenal. Menurut Jaenal, Aa Gym dan Teh Rini yang menjalankan ibadah umrah sejak 12 April 2011. Belum kembalinya Aa Gym ke Tanah Air karena masih ada urusan di Madinah.

"Masih di Madinah. Aa enggak menghindari (persidangan). Awalnya, perkiraan saya dua minggu di sana, tapi ada acara lain," kata Jenal tanpa menjelaskan detail. Dalam sidang, agendanya masih tetap mediasi. Majelis Hakim meminta Aa Gym dan Teh Ninih untuk dihadirkan kembali pada sidang berikutnya, 24 Mei 2011. "Tiga minggu ke depan, mudah-mudahan beliau hadir," harapnya.

Selama di Madinah, tutur Jenal, memang ada respons dari Aa Gym tentang perkembangan sidang gugat cerai talaknya terhadap sang istri pertama. "Respons Aa tanya tentang sidang. Komunikasi dengan Teh Ninih juga ada, baik-baik saja," tandasnya. Upaya mediasi untuk menempuh perdamaian wajib dijalani KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dan istri pertamanya Ninih Mutmainah (Teh Ninih) sebelum berlanjut pada persidangan cerai.

Hal itu diungkapkan Humas Pengadilan Agama (PA) Bandung, Jawa Barat, Acep Saefuddin. Dia menjelaskan, Aa Gym dan Teh Ninih bisa saja memberikan kuasa khusus untuk melakukan mediasi. "Tapi aturan itu hanya untuk orang yang berdomisili di luar negeri. Tentu kan Aa bukan yang berdomisili atau berkediaman di luar negeri," kata Acep, di PA Bandung, Selasa (3/5/2011).

Dalam UU, kata Acep, memang diatur bahwa mediasi bisa tidak dihadiri kedua prinsipal (penggugat dan tergugat) jika kedua atau salah satu prinsipal berdomisili di luar negeri. "Kan enggak mungkin (Aa Gym) pindah karena proses untuk beralih kewarganegaraan bukan hal yang mudah," ujarnya.

Dia berharap, mereka bisa hadir untuk menjalani mediasi. Terlebih mereka adalah figur publik, tokoh, teladan yang dianggap mampu memberikan contoh bagi masyarakat. Apalagi, dengan kehadiran mereka persidangan bisa segera usai tanpa perlu berlarut-larut. "Jika mediasi berhasil, mereka bisa rukun kembali membina rumah tangga bersama secara harmonis," ungkapnya.

Acep menuturkan, berdasarkan pengalamannya dalam menangani sidang cerai, selalu dihadiri kedua belah pihak minimal satu kali. "Jadi orang biasa saja hadir, masak orang gedean enggak hadir," selorohnya.  Jika proses mediasi Aa Gym dan Teh Ninih tidak berhasil, otomatis majelis hakim akan memutuskan mereka bercerai.

--
You received this message because you are subscribed to the Google Groups "kl-bogel" group.
To post to this group, send email to kl-bogel@googlegroups.com
To subscribe or unsubscribe at http://groups.google.com.my/group/kl-bogel/subscribe
For more options, visit this group at http://groups.google.com/group/kl-bogel?hl=en
Sebarang email pertanyaan, hantar kepada abangmod@gmail.com

No comments:

Post a Comment